Implementasi Teknologi Augmented Reality Untuk Pengenalan Gedung Perkuliahan Universitas Muhammadiyah Bengkulu Berbasis Android
Keywords:
Augmented Reality, Gedung, Marker, Universitas Muhammadiyah BengkuluAbstract
Augmented Reality merupakan sebuah teknologi yang sedang berkembang dan banyak digunakan untuk menunjukkan dan mengenalkan suatu objek karna dapat menggabungkan benda dua dimensi dengan benda tiga dimensi. Augmented Reality dapat menambahkan benda tiga dimensi secara maya ke atas benda dua dimensi yang nyata sebagai marker nya. Universitas Muhammadiyah Bengkulu terus berupaya untuk menumbuhkan minat calon mahasiswa baru untuk kuliah di Universitas Muhammadiyah Bengkulu dengan cara terus melakukan promosi baik memanfaatkan fasilitas internet ataupun datang langsung ke SMA / SMK sederajat. Salah satu kegiatan yang digunakan pada proses promosi tersebut adalah mengenalkan Gedung perkuliahan. Metode yang digunakan dalam proses pengenalan tersebut masih menggunakan gambar brosur dua dimensi yang mana calon mahasiswa hanya bisa melihat bentuk Gedung perkuliahan dari satu sisi saja. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi yang memanfaatkan teknologi augmented reality berbasis android sebagai alat untuk mengenalkan Gedung perkuliahan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Penelitian ini telah berhasil menghasilkan sebuah aplikasi teknologi augmented reality berbasis android yang dapat digunakan untuk mengenalkan Gedung perkuliahan Universitas Muhammadiyah Bengkulu sehingga calon mahasiswa dapat melihat bentuk segala sisi dari Gedung perkuliahan hanya dengan membuka aplikasi di smartphone dan scan gambar dua dimensi sebagai marker nya.