PENERAPAN KOMPONEN PSIKOLOGI PEMASARAN DALAM PEMASARAN MEDIA SOSIAL RUMAH SAKIT

Authors

  • Putri Ayu Widyautami Universitas Sains Indonesia Author

Keywords:

Psikologi pemasaran, Komponen psikologi pemasaran, Pemasaran digital, Pemasaran media sosial, Pemasaran media sosial rumah sakit

Abstract

Peran pemasaran media sosial dalam konteks rumah sakit memiliki arti yang sangat penting, karena memiliki kemampuan untuk mempengaruhi psikologi dan perilaku konsumen. Salah satu potensi untuk meningkatkan strategi pemasaran melibatkan integrasi komponen yang berasal dari bidang psikologi pemasaran. Studi ini menggunakan metode studi kepustakaan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Berdasarkan hasil telaah literatur, peneliti merekomendasikan beberapa cara untuk menerapkan komponen psikologi pemasaran dalam pemasaran media sosial rumah sakit : (1) Penggunaan bukti sosial; (2) Penerapan pemasaran emosional; (3) Penerapan prinsip timbal balik; (4) Penerapan salience; (5) Penerapan psikologi warna dan prinsip gestalt; (6) Penerapan hukum usaha minimal; (7) Implementasi prinsip framing; (8) Penerapan prinsip action paralysis ; (9) Pemanfaatan teori kesenjangan informasi dan ajakan bertindak; dan (10) Implementasi mere exposure theory. Studi ini membahas langkah-langkah praktis untuk menerapkan komponen-komponen pemasaran ini. Praktisi pemasaran dapat menggunakan hasil studi ini saat merancang strategi pemasaran media sosial untuk rumah sakit.

Downloads

Published

2025-11-28

How to Cite

PENERAPAN KOMPONEN PSIKOLOGI PEMASARAN DALAM PEMASARAN MEDIA SOSIAL RUMAH SAKIT. (2025). Eudaimonia Journal Psychology, 2(2), 8-26. https://ojs.sains.ac.id/index.php/eudaimonia/article/view/136

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.