Pengembangan Prototipe Aplikasi Mobile Perpustakaan Berbasis Android dengan Metode Rapid Application Development (Studi Kasus Universitas Mercu Buana)
Keywords:
mobile device, notifikasi, rapid application development, end user computing satisfaction, androidAbstract
Sistem Informasi Perpustakaan merupakan kebutuhan yang sangat utama untuk pelayanan Perpustakaan terutama di Perguruan Tinggi. Kemajuan teknologi saat ini juga semakin pesat terutama kemajuan teknologi perangkat mobile. Permasalahan yang terjadi saat ini yaitu ketika anggota perpustakaan ingin mencari buku, melihat peminjaman dan denda buku melalui mobile device. Pada sistem perpustakaan juga belum memiliki sistem pemberitahuan atau notifikasi jika buku yang dipinjam harus segera dikembalikan yang menyebabkan banyak anggota perpustakaan yang telat mengembalikan buku hingga bertahun-tahun. Sistem juga harus dapat diimplementasi sebelum semester ganjil 2019/2020 dan perlu dievaluasi kepuasan dari pengguna. Maka dari itu penulis merancang prototipe aplikasi mobile perpustakaan berbasis Android dengan menggunakan metode Rapid Application Development yang telah menghasilkan 3 iterasi dalam proses pengembangan. Setiap iterasi memakan waktu sekitar 1 bulan. Kemudian sistem dievaluasi dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction dengan hasil kepuasan pada variabel content di level 4 (puas), accuracy di level 4 (puas), format di level 4 (puas), ease of use di level 5 (sangat puas) dan timelines di level 4 (puas).