KARIER DAN PENDIDIKAN: ANALISIS PERBEDAAN PENGEMBANGAN KARIER PEREMPUAN BERDASARKAN JENJANG PENDIDIKAN
Keywords:
Perkembangan karier, Tingkat pendidikan, Karyawan perempuan , One-way ANOVAAbstract
Pengembangan karier pada karyawan perempuan merupakan salah satu aspek penting dalam meningkatkan produktivitas perusahaan. Pengembangan karier yang luas dapat dipengaruhi melalui tingkat pendidikan yang lebih tinggi yang sehingga dapat memberikan akses pengetahuan dan keterampilan seseorang. Pengembangan karier seseorang dapat dilihat dari beberapa dimensi kesejahteraan dalam berkarier, yaitu positive affective career state, state of career meaningfulness dan career networking atau dukungan sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat mengetahui perbedaan pengembangan karier yang tepat pada setiap karyawan perempuan. Moteod penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif serta pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dan bersifat purposive sampling. Sampel penelitian yaitu karyawan perempuan yang bekerja di Jabodetabek (N=143), teknik analisis data dengan confirmatory factor analysis (CFA) menggunakan software Lisrel 8.8 serta analisis uji beda menggunakan software SPSS 23. Hasil uji homogenitas varians (levene’s test) didapatkan semua dimensi memiliki sifat homogen, serta hasil uji beda menggunakan one way anova, didapatkan adanya perbedaan signifikan kemampuan pengembangan karier aspek positive affective career state berdasarkan tingkat pendidikan. Namun, tidak pada dimensi state of career meaningfulness dan career networking/social support. Implikasi penelitian ini dapat menjadi masukan bagi para pemangku kebijakan maupun industri untuk memberikan pengembangan karyawan khususnya perempuan yang positif, bermakna dan lingkungan yang supportif salah satunya dengan memberi kesempatan untuk melanjutkan pada tingkat pendidikan formal



