STRATEGI PERSONAL BRANDING PRABOWO SUBIANTO DALAM MEMBANGUN CITRA POLITIK DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM(Studi Fenomenologis pada Pemilihan Presiden 2024)
Keywords:
personal branding, sosial media, komunikasi politikAbstract
Setiap menjelang pemilihan umum, media online menjadi salah satu media yang dilirik oleh kalangan politik untuk menyampaikan visi dan misinya dengan cepat dan mudah. Pada pemilihan presiden 2014 media online menjadi media yang dimanfaatkan oleh calon presiden untuk meningkatkan personal branding.
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara kepada informan yang secara aktif menganalisa situasi politik dan mengamati media sosial. Hasil dari penelitian ini mengidentifikasi bahwa Prabowo Subianto melalui media sosialnya menunjukkan kinerja yang baik secara nyata kepada khalayak saat menjabat sebagai menteri pertahanan yang memberikan kesan personality Prabowo adalah sosok pemimpin yang tegas dan menguasai alutsista . Topik-topik yang diposting ke media sosial dalam rangka proses personal branding harus relevan dengan kebutuhan khalayak. Relevansi ini berkaitan dengan otoritas orang yang melakukan proses personal branding dengan spesialisasi yang dimilikinya dalam keahlian di bidang tertentu. Konsisten dan ketekunan dalam melakukan proses personal branding melalui topik-topik yang diposting ke media sosial, harus dijaga supaya menghasilkan nilai di benak khalayak dan oleh karena kekonsistenan atas pesan yang disampaikan tersebut, personal branding seseorang akan terbentuk dan menempel sebagai brand di kalangan khalayak khususnya dalam menarik suara pada pemilihan presiden 2024.