PENGARUH PRODUCT INNOVATION DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA KAFE KAMANA DI KOTA SUKABUMI

Authors

  • Ridwan sakti Universitas Sains Indonesia Author
  • M Afrizal Maulana Universitas Sains Indonesia Author
  • Rizki Chrisulianti Universitas Sains Indonesia Translator
  • Herni Herdiani Universitas Sains Indonesia Translator
  • Fahrurrazi Fahrurrazi Universitas Sains Indonesia Translator

Keywords:

Product Innovation, Store Atmosphere, Purchase intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk dan suasana toko terhadap niat beli konsumen pada bisnis kuliner. Latar belakang penelitian ini adalah stagnasi omset penjualan dalam beberapa tahun terakhir, yang diduga disebabkan oleh masalah pada inovasi produk dan suasana toko. Melalui wawancara, ditemukan bahwa konsumen menilai inovasi produk sebagai faktor utama yang mendorong keputusan pembelian, sementara suasana toko, termasuk eksterior, interior, dan tata letak, mempengaruhi kesan pertama mereka terhadap restoran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausal, dengan sampel insidental sebanyak 97 responden. Analisis data dilakukan menggunakan regresi berganda, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beli, sementara suasana toko tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, inovasi produk dan suasana toko berpengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen.

Downloads

Published

2024-11-12